Selasa 30 Apr 2013 19:44 WIB

Tokoh Perubahan Republika Kembalikan Indonesia ke Khitahnya

Rep: M Akbar Wijaya/ Red: Heri Ruslan
Ketua MPR Taufiq Kiemas
Foto: Republika/Prayogi
Ketua MPR Taufiq Kiemas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Wakil Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Achmad Basarah mengapresiasi anugerah Tokoh Perubahan yang diinisiasi Republika. 

Ada tiga tokoh nasional yang meraih anugerah Tokoh Perubahan Republika,  Djoko Suyanto, Taufiq Kiemas, dan KH Said Aqil Siroj.

Menurut Achmad Basarah,  ketiga Tokoh Perubahan Republika 2012 memiliki konsentrasi besar terhadap keutuhan NKRI.

"Figur yang tidak hanya punya konsep kebihenekaan di Indonesia tetapi juga punya kapasitas poitik dan jaringan politik," kata Basarah di Djakarta Teater XXI, Thamrin, Selasa (30/4).

Basarah melihat tiga tokoh perubahan Republika memiliki rekam jejak yang kuat dalam menegakan nasionalisme dan Pancasila. Taufik Kiemas misalnya, dia anggap punya kemauan untuk meluruskan kembali konsep keindonesiaan pada khitahnya. "Yakni negara yang berazaskan Pancasila," katanya.

Basarah berharap gelar tokoh perubahan Republika bisa mengispirasi tokoh-tokoh nasional Indonesia lainnya untuk turut serta mempertahakan pluralisme dan kebhinekaan di tanah air. Dia percaya ajang Tokoh Perubahan Republika bisa menjadi katalisator bagi pelurusan pandangan tokoh politik yang masih sektarian.

"Acara ini momen perubahan bagi kita melihat Indonesia. Saya apresiasi," ujarnya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement