Senin 22 Apr 2013 13:00 WIB

Banjir Sebabkan Jalan Kawasan Bandung Selatan Rusak

Banjir (ilustrasi)
Foto: antara
Banjir (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Hujan deras yang mengakibatkan banjir di kawasan Kabupaten Bandung bagian selatan mengakibatkan jalan raya di kawasan itu rusak berat.

"Banjir dan air bah di jalan mengakibatkan jalan menjadi rusak, kerusakannya sangat parah," kata Ferry, salah seorang pengemudi angkutan kota Ciparay - Pacet, Senin.

Menurut Ferry, hujan deras yang terjadi hampir setiap hari mengakibatkan banjir dan air bah di tanjakan di sepanjang jalan menuju ke kawasan Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung.

Selain merusak bahu jalan, juga merusak lapisan aspal dan mengakibatkan lubang yang dalam dan membahayakan bagi pengguna jalan khususnya pengendara sepeda motor.

Hampir seluruh jalan di Bandung selatan mengalami kerusakan dan berlubang-lubang cukup parah. Seperti di jalur Baleendah - Ciparay Majalaya juga berlubang-lubang dengan kedalaman mencapai 30 centimeter.

Salah satunya di kawasan Cikawung, Ciheulang, Biru serta di kawasan Kota Majalaya. Kerusakan jalan juga terjadi di jalur Majalaya - Bojongsoang - Ciwastra, Majalaya - Cicalengka dan Majalaya - Rancaekek.

Demikian halnya, kerusakan juga terjadi di jalur Majalaya - Ibun menuju ke kawasan PLTP Kamojang. Penyebabnya akibat tergerus oleh aliran air di jalan raya yang tidak tertampung oleh saluran air di pinggir jalan.

"Kerusakan terjadi dalam sebulan terakhir ini, aliran air sangat deras terlebih kendaraan yang melintas besar-besar," kata Maman Sulaeman, warga Majalaya Kabupaten Bandung.

Perbaikan jalan berupa penambalan jalan raya yang dilakukan beberapa waktu lalu, kembali rusak akibat tergerus air.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement