Selasa 09 Apr 2013 21:06 WIB

40 Persen Jalan di Kota Bekasi Rusak

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Heri Ruslan
Jalan Rusak
Foto: Adhi W/Republika
Jalan Rusak

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Banyaknya jalan di Kota Bekasi yang rusak membuat warga mengeluh. Jalan-jalan yang rusak tersebut menyebabkan kemacetan di beberapa ruas jalan.

Ulfi Larasati (25 tahun), warga Bekasi Utara, mengatakan jalan-jalan di Kota Bekasi banyak yang rusak. Seperti di Jalan Perjuangan. "Kalau dari rumah saya di Wisma Asri, Bekasi Utara, ke Bulan-Bulan, Bekasi Selatan butuh waktu setengah jam. Itu karena jalannya rusak parah, akibatnya macet padat," kata Ulfi kepada Republika Online, Selasa (9/4).

Menurutnya, jalan rusak di Jalan Perjuangan, Bekasi Utara tersebut menyebabkan kondisi kendaraannya lebih cepat rusak. "Motornya jadi bunyi. Ada yang nggak kenceng," tambahnya. Tidak hanya Ulfi, Mitra Utami (26), warga Bekasi, juga mengeluhkan hal yang sama.

Mitra mengatakan sering terjadi kemacetan di jalan-jalan yang mengalami kerusakan parah. "Banyak banget jalan yang rusak, di Kalimalang depan Gunadarma, baru aja diperbaiki juga rusak," keluhnya. Ia berharap agar dinas terkait segera memperbaiki jalan yang kondisi rusak tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Dinas Bina Marta dan Tata Air Kota Bekasi, Mohammad Ridwan, mengatakan banyaknya jalan yang rusak di Kota Bekasi diakibatkan oleh curah hujan yang tinggi. "Hujan yang sering mengakibatkan genangan air di jalan. Genangan air itu mempercepat rusaknya kondisi aspal," katanya ketika ditemui di kantornya.

Ia menambahkan sistem drainase yang kurang baik juga memperparah kondisi jalan. Menurutnya, banyak drainase di Kota Bekasi yang kondisi masih kurang baik sehingga menyebabkan genangan air. "Kontur tanah yang landai dan banyak genangan karena tidak cepat mengalir. Drainase tidak sempurna juga," tambahnya.

Ridwan mengatakan untuk memperbaiki jalan di Kota Bekasi, disediakan dana sebesar Rp 5,3 miliar. Pada 2013, pihaknya merencanakan akan memperbaiki Jalan Juanda dengan dana Rp 3,9 miliar dan Jalan Perjuangan dengan dana Rp 1,4 miliar. "Selain itu, Jalan Perjuangan juga akan dilebarkan," katanya.

Tidak hanya jalan kota, namun jalan nasional seperti Jalan KH Noer Ali, Jalan Sultan Agung, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Ahmad Yani, dan Jalan Cut Mutia akan diperbaiki pada tahun ini. "Sekarang //kan// yang di depan Gunadarma, jalan KH Noer Ali sedang diperbaiki dengan dana APBN Pusat, sekitar Rp 25 miliar," kata Ridwan.

Ridwan menambahkan, untuk perawatan jalan di Kota Bekasi, pihaknya mendapatkan anggaran sebesar Rp 1 miliar. Menurutnya, dana anggaran tersebut tidak mencukupi untuk perawatan seluruh jalan di Kota Bekasi yang panjangnya mencapai sekitar 260 kilometer. "Idealnya untuk perawatan itu Rp 25 miliar untuk seluruh jalan di Kota Bekasi," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement