Kamis 28 Mar 2013 22:52 WIB

Jadi Capres Alternatif Nomor Satu di Survei LSJ, Ini Komentar Dahlan Iskan

Menteri BUMN, Dahlan Iskan
Foto: Antara
Menteri BUMN, Dahlan Iskan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Menteri BUMN Dahlan Iskan menyampaikan terima kasih kepada para responden yang menempatkan dirinya sebagai calon presiden alternatif nomor satu dengan elektabilitas tertinggi sekitar 17,2 persen berdasarkan hasil penelitian Lembaga Survei Jakarta (LSJ).

"Pak Dahlan Iskan menyampaikan terima kasih karena menjadi calon presiden alternatif nomor satu. Beliau juga tertawa mengetahui hasil survei ini," kata Juru Bicara Dahlan Iskan, Budi Purnomo Karjodihardjo, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Kamis.

Budi Purnomo yang juga merupakan Koordinator BUMN Care itu mengaku bahwa dirinya juga senang Menteri BUMN tersebut mendapat respons positif dari publik. Hal ini mengindikasikan bahwa masyarakat memang mendambakan munculnya sosok calon presiden alternatif pada Pemilu 2014.

"Apalagi, menurut survei tingkat kepercayaan publik terhadap partai politik makin merosot karena banyak kader partai yang terlibat kasus korupsi," tambahnya.

Menurut Budi, sosok calon presiden alternatif yang tidak tergabung dalam partai politik diharapkan dapat memberikan angin segar dalam keberlangsungan proses demokrasi di Tanah Air pada masa mendatang.

Survei yang dilakukan oleh Lembaga Survei Jakarta (LSJ) mengenai "Calon Presiden Alternatif Pilihan Publik" menunjukkan bahwa Menteri BUMN Dahlan Iskan menempati urutan pertama dengan elektabilitas tertinggi, yakni 17,2 persen.

"Dahlan Iskan paling banyak dipilih responden sebagai capres alternatif karena dinilai sebagai pemimpin yang sederhana, responsif, jujur, dan merakyat," kata Direktur LSJ, Rendy Kurnia, saat memaparkan hasil surveinya.

Menurut dia, capres alternatif adalah tokoh nasional yang secara resmi tidak bergabung dalam partai politik. Namun, mereka sering disebut-sebut oleh media sebagai sosok yang potensial untuk maju sebagai kandidat Presiden RI pada Pilpres 2014 nanti karena dipandang memiliki kapabilitas, integritas, dan popularitas yang baik.

Berada di urutan kedua Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud Md. sebanyak 13,1 persen, di urutan ketiga penyanyi dangdut Rhoma Irama 10,8 persen, Ketua KPK Abraham Samad 5,2 persen, Sri Mulyani Indrawati 3,9 persen.

Kemudian, Chairul Tandjung 3,6 persen, Menko Polhukam Djoko Suyanto 2,8 persen, Rizal Ramli 2,5 persen, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo 1,9 persen, Irman Gusman 1,4 persen, Gita Wirjawan 1,3 persen, dan Anies Baswedan 1,1 persen.

Selain itu, Dahlan Iskan juga merupakan capres alternatif yang paling disukai responden, yakni sebanyak 44,2 persen, disusul oleh Mahfud Md. 42,8 persen, dan Rhoma Irama sebesar 40,1 persen.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement