Rabu 27 Mar 2013 17:54 WIB

Pencegahan Gangguan Jiwa Bisa Dilakukan dari Dalam Kandungan

Ibu hamil/ilustrasi
Foto: guardian.co.uk
Ibu hamil/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Perawatan kesehatan mutlak dilakukan agar seseorang tidak dihajar gangguan jiwa mulai dari tingkat stres hingga gangguan jiwa akut.

Pencegahan gangguan jiwa tidak hanya dilakukan dari dalam kandungan ibu. Ibu hamil perlu dididik bagaimana cara memperlakukan janin hingga melahirkan anak yang sehat. "Ini pencegahan yang perlu dilakukan," ujar Guru Besar Tetap bidang Keperawatan Jiwa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, Budi Anna Keliat usai dikukuhkan di Balai Sidang UI Depok, Rabu (27/3).

Menurutnya kontribusi keperawatan jiwa pada pelayanan kesehatan jiwa di rumah sakit umum telah memberi dampak perbaikan kondisi kesehatan pasien dan keluarganya. Hal ini perlu terus dilakukan agar perawat terasa bermakna bagi pasien.

Anna menjelaskan keperawatan jiwa di rumah sakit umum untuk pasien dengan masalah fisik karena depresi dapat berdampak pada kualitas hidup.

Padahal, gejala sosial yang terjadi saat ini erat kaitannya dengan gangguan jiwa yang diderita. Kendati hanya gangguan jiwa ringan namun dapat memicu pada gangguan jiwa berat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement