Rabu 20 Mar 2013 13:58 WIB

Demokrat Belum Pastikan Anas Hadir di KLB

Rep: Muhammad Akbar Wijaya/ Red: Mansyur Faqih
Anas Urbaningrum
Foto: Agung Supriyanto/Republika
Anas Urbaningrum

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPP Partai Demokrat, Gede Pasek Suardika, belum bisa memastikan kehadiran Anas Urbaningrum di Kongres Luar Biasa (KLB) akhir Maret mendatang. Menurut Pasek, hadir atau tidaknya Anas bergantung pada panitia penyelenggara. "Bergantung panitia, akan mengundang atau tidak," kata Pasek kepada wartawan di kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (20/3).

Menurut Pasek, kehadiran Anas penting bagi konsolidasi di internal Demokrat. Karena bisa menjadi energi positif membangun rekonsiliasi di antara faksi Demokrat. "Kalau datang bagus, bisa membangun rekonsiliasi," ujar ketua Komisi III DPR tersebut.

Terkait kemungkinan Anas hadir di KLB sebagai peninjau, Pasek menyatakan setiap undangan memiliki kriteria berdasarkan kapasitas masing-masing. "Peninjau punya hak bicara. Peserta punya hak suara. Dikaji dulu," ujarnya.

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat, Max Sopacua, menyatakan hal senada. Dia mengaku belum mendapat informasi, apakah Anas akan diundang di KLb atau tidak. Meskipun demikian, tidak ada larangan bagi panitia mengundang Anas. "Bisa saja diundang," ujar Max.

Max enggan berkomentar terkait pentingnya kehadiran Anas di KLB. Menurut dia, tidak ada kewajiban bagi Anas untuk datang. Sebab, bisa saja Anas sedang menjalani proses hukum ketika KLB digelar. "Kalau dia tidak datang karena ada persoalan hukum, ya silakan saja tidak hadir. Kehadiran Anas saya kira penting dan tidak penting," kata Max. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement