Ahad 17 Feb 2013 21:00 WIB

Banjir Meluas, BPBD Bangun Posko di Selatan Sukabumi

Rep: Riga Iman/ Red: M Irwan Ariefyanto
Banjir di Sukabumi
Foto: Antara
Banjir di Sukabumi

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI—Pemkab Sukabumi membuka posko penanggulangan bencana banjir di Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi.

Keberadaan posko ini diharapkan mempercepat penanganan bencana banjir yang makin meluas. Bencana banjir menerjang empat desa di Kecamatan Purabaya sejak Rabu (13/2) lalu. Dari data sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyebutkan, jumlah rumah warga yang terendam banjir mencapai 253 unit.‘’Posko dibangun karena jumlah rumah yang terendam banjir cukup banyak,’’ ujar Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan, BPBD Kabupaten Sukabumi, Usman Susilo, kepada ROL, Ahad (17/2).

Menurut dia, ada sembilan posko yang dibangun antara lain posko operasional, logistik, dan kesehatan serta dapur umum. Menurut Usman, keberadaan posko juga dapat dijadikan lokasi evakuasi bagi warga yang rumahnya terendam banjir.

Terlebih, potensi untuk terjadinya banjir susulan masih cukup besar karena intensitas hujan cukup tinggi akhir-akhir ini. Usman mengungkapkan, BPBD telah menyalurkan bantuan darurat kepada korban banjir.

Diantaranya makanan, minuman, peralatan mandi, dan perlengkapan tidur.Daerah yang paling parah terkena banjir terdapat di Desa Purabaya. Pasalnya, jumlah rumah warga yang terendam banjir mencapai sekitar 96 unit rumah.‘’Selain merendam permukiman, banjir juga menghanyutkan empat rumah dan dua jembatan,’’ ujar Kepala Desa Purabaya, Ogih Sugriwan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement