Rabu 23 Jan 2013 10:49 WIB

Logistik Berkurang, Elektabilitas Nasdem Menurun

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Mansyur Faqih
  Ketua Umum Nasdem Surya Paloh
Foto: Antara/Prasetyo Utomo
Ketua Umum Nasdem Surya Paloh

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Elektabilitas Partai Nasdem diperkirakan akan terus menurun pada masa mendatang. Ini lantaran berkurangnya pasokan logistik setelah keluarnya Hary Tanoesoedibjo dari Nasdem.

Pengamat politik UI, Donny Gahral menilai pamor selepas perginya Hary kerja Nasdem akan menurun. Ini lantaran, Hary telah menjadi pemasok finansial untuk Nasdem selama ini. 

Tak heran jika kemudian Nasdem berhasil berada di posisi keempat dalam survey dan lolos verifikasi. "Harus ada logistik sampai ranting-ranting. Apakah Nasdem pascaverifikasi bisa berkompetisi?" katanya kepada wartawan di rumahnya di Beji, Depok, Rabu (23/01).

Setelah keluar, lanjut dia, dipastikan Hary akan mencabut segala fasilitas yang digunakan Nasdem di MNC Group. Ini menjadi kerugian besar bagi Nasdem.

Karena, MNC Group yang dikuasai Hary memiliki segmentasi yang luas. Dari kelas menengah bawah hingga atas. Sementara Media Group milik ketua dewan pembina Surya Paloh, lebih mensasar segmen kelas menengah. 

Menurutnya, Nasdem tetap akan mengalami penurunan elektabilitas. Meskipun ada isu banyak presenter Metro TV yang akan maju menjadi calon legislatif dari NasDem. 

"Saat ini yang dibutuhkan orang yang blusukan ke bawah. Apakah presenter Metro TV mau blusukan ke bawah? Seperti Jokowi," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement