Sabtu 19 Jan 2013 09:16 WIB

Situ Meluap, Ratusan Rumah di Tempat Ini Terendam

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Endah Hapsari
Situ Cilodong
Foto: depok-wisata.blogspot.com
Situ Cilodong

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Tingginya debit air yang mengalir ke Situ Cilodong, Depok, tak mampu lagi ditampung. Akibatnya, ratusan rumah di Perumahan Graha Studio Alam RT 7/9, Sukmajaya, Depok terendam dan ratusan kepala keluarga dievakuasi. 

Ketua RT setempat, Riman Dalas, mengatakan sekitar 100 kepala keluarga terpaksa mengungsi di masjid sekitar. Pasalnya, rumah mereka terendam air sekitar 80-130 centimeter. "Mereka langsung dievakuasi ke masjid yang tidak terendam air," katanya, Sabtu (19/1).  

Menurutnya, banjir yang merendam wilayahnya terjadi akibat air yang meluap dari Setu Cilodong. "Situ sudah tidak mampu lagi menampung debit air yang cukup besar, akibat hujan beberapa hari terakhir," katanya. 

Selain itu, menurutnya buruknya draninase perumahan yang terhubung dengan setu menambah parahnya ketinggian air. "Irigasi dalamnya hanya 1,5 meter, lebar juga 1,5 tapi meluap, karna yang lain juga drainasenya buruk," keluhnya. 

Air yang menggenangi rumah warga tersebut terjadi pada Kamis (17/1) pukul 04.00 WIB sehingga sempat membuat warga sekitar panik. Namun, saat ini kondisi air sudah tampak semakin surut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement