Jumat 18 Jan 2013 03:13 WIB

Asyik, Bisa Magang di Perusahaan Kelas Dunia, Apa Syaratnya?

Logo Chevron.
Foto: stateimpact.npr.org
Logo Chevron.

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU---PT Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) kembali memberi kesempatan kepada mahasiswa Riau untuk belajar bekerja atau magang di industri minyak dan gas itu.

"PT CPI menyediakan 123 posisi di berbagai departemen bagi para mahasiwa untuk menimba pengalaman kerja selama enam bulan dengan imbalan pendapatan sesuai aturan perusahaan," kata Manajer Komunikasi Chevron, Tiva Permata.

Ia menjelaskan, program ini disebut dengan Belajar Bekerja Terpadu (BBT).

Program BBT ini, katanya, sudah diselenggarakan sejak tujuh tahun terakhir, dan turut membantu akreditasi jurusan sehingga kualitas lulusan diharapkan juga terus meningkat.

Menurut GM Policy, Government & Public Affairs (PGPA) PT CPI, Usman Slamet, program itu membantu memperpendek durasi masa tunggu antara kelulusan dengan keberhasilan memperoleh pekerjaan.

"Sedangkan bagi mahasiswa, program ini berhasil memperpendek durasi masa tunggu antara kelulusan dengan keberhasilan memperoleh pekerjaan," kata Usman Slamet.

Karena itu, lanjut dia, program ini sangat strategis dengan melibatkan perguruan tinggi, mahasiswa dan dunia usaha.

Persyaratan yang harus dipenuhi di antaranya telah menyelesaikan mata kuliah teori atau minimal 110 SKS dan IPK minimal 3,00.

"Pendaftaran dapat dilakukan di Pusat Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (P2K2) Universitas Riau (UR), Kampus Gobah, dan Politeknik Caltex Riau (PCR). Pendaftaran dibuka sejak pekan lalu hingga Jumat (18/1)," katanya.

Untuk mendapatkan informasi lengkap terkait Program BBT angkatan XII, calon peserta dapat menghubungi (0761) 37556, atau mengunjungi laman facebook P2K2 Universitas Riau. Berkas persyaratan dapat dikirim melalui email [email protected].

Kesempatan magang ini dibuka bagi mahasiswa dari lima perguruan tinggi terkemuka di Riau, yakni Universitas Riau (UR), Universitas Islam Riau (UIR), Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Qasim, Universitas Lancang Kuning (Unilak), Politeknik Caltex Riau (PCR) dan Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI).

Mahasiswa yang dibutuhkan berasal dari jurusan Akuntansi, Manajemen, Ilmu Ekonomi Pembangunan, Teknik Komputer, Teknik Kimia, Teknik Sipil, FMIPA Kimia, Komunikasi, Hukum, FKIP Bahasa Inggris, Perpajakan, Teknik Elektro, Psikologi Industri, dan Teknik Elektro.

Proses seleksi dilaksanakan oleh P2K2-UR dan PCR yang berlangsung pada 19 Januari dan 21 Januari. Seleksi terdiri dari dua tahap, yakni tes tertulis dan wawancara, yang melibatkan perwakilan departemen-departemen di PT CPI sebagai calon pengguna keahlian atau keterampilan dari para peserta.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement