Selasa 15 Jan 2013 20:59 WIB

Adhi Karya Tawarkan Monorel Bekasi Timur - Cawang - Cibubur

Rep: Friska Yolandha/ Red: Hazliansyah
Proyek Adhi Karya
Foto: Republika/Wihdan
Proyek Adhi Karya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah keluar dari proyek pembangunan monorel green line dan blue line yang dicanangkan pemerintah provinsi DKI Jakarta, PT Adhi Karya merancang kajian baru pemecahan kemacetan di DKI Jakarta. Perseroan pelat merah ini menawarkan alternatif monorel dari kota satelit yang berada di sekitar Jakarta.

Adhi Karya berencana membangun jalur monorel yang membentang dari Bekasi Timur menuju Cawang dan dari Cibubur ke Cawang.

"Kami mencoba menyelesaikan kemacetan dari akar masalahnya," ujar Direktur Utama Adhi Karya Kiswodharmawan di Jakarta, Selasa (15/1).

Wilayah Bekasi Timur dan Cibubur menyumbang hampir 50 persen kemacetan di wilayah Jakarta. Dengan keberadaan monorel yang terintegrasi dengan moda transportasi lain, diharapkan kemacetan dapat dikurangi sebesar 30 persen.

Kedua jalur monorel tersebut akan menyatu di satu titik di Cawang, kata Kiswo. Setelah itu perseroan akan membangun satu jalur lagi yang membentang horisontal dari Cawang ke wilayah Kuningan. Monorel ini nantinya akan tersambung ke jalur monorel yang dikerjakan PT Jakarta Monorel.

Jalur Bekasi Timur-Cawang diperkirakan akan dibangun sepanjang 17,8 kilometer. Sedangkan Cibubur-Cawang dibangung sepanjang 13,6 kilometer. Untuk jalur Cawang-Kuningan perseroan akan membangun jalur sepanjang 5,7 km.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement