Senin 14 Jan 2013 15:10 WIB

Cuaca Buruk, Nelayan Diminta Tak Melaut

Rep: Riga Iman/ Red: Dyah Ratna Meta Novi
Nelayan Indonesia
Nelayan Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI--Para nelayan Palabuhanratu diminta untuk tidak melaut. Cuaca buruk yang terjadi dalam beberapa hari terakhir ini rawan menyebabkan kecelakaan di tengah laut. "Para nelayan untuk sementara waktu diminta tidak melaut,’’ ujar Operator Pusat Informasi Pelabuhan Perikanan (PIPP), Pelabuhan Perikanan Nusantara Palabuhanratu (PPNP), Edi Rohendi, kepada Republika, Senin (14/1).

Himbauan ini, kata Edi, sudah disampaikan kepada para nelayan yang ada di Palabuhanratu dan daerah pencarian ikan lainnya. Dalam himbauan tersebut disampaikan ketinggian gelombang dan kecepatan angin yang kurang bersahabat bagi nelayan.

Edi mengungkapkan, saat ini ketinggian gelombang di Perairan Palabuhanratu cukup tinggi mencapai sekitar 2,5 meter. Kondisi ini membahayakan para nelayan terutama yang menggunakan perahu tradisional. Padahal, pada kondisi normal hanya di bawah satu meter.

Sementara kecepatan angin di perairan Palabuhanratu kini mencapai 30 knot per jam. Sedangkan sebelumnya hanya sekitar 15 knot per jam.

Dari pantauan PPNP, ujar Edi, sebagian besar nelayan memang lebih memilih untuk tidak melaut. Para nelayan tidak ingin mengambil resiko diterjang angin kencang dan gelombang tinggi di lautan.

Wakil Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Sukabumi, Tendi Sudama mengatakan, cuaca buruk yang terjadi akhir-akhir ini menyebabkan sebagian besar nelayan tidak melaut. Kini, para nelayan lebih memilih menyandarkan perahunya di dermaga. "Dampaknya produksi ikan laut turun drastis hingga 70 persen,’’ terangnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement