Sabtu 05 Jan 2013 04:15 WIB

Ini Dia Harapan Icuk Sugiarto untuk Menpora Baru

Icuk Sugiarto.
Foto: Antarafoto
Icuk Sugiarto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Mantan pebulutangkis nasional Icuk Sugiarto berharap orang yang menggantikan posisi Andi Mallarangeng sebagai Menpora harus mempunyai visi dan misi yang tegas sehingga mampu mengemban tugasnya dengan baik.

"Jangan hanya sosoknya saja, tapi harus benar-benar memikili visi dan misi sesuai dengan bidang olahraga dan kepemudaan," kata Icuk Sugiarto di Jakarta.

Menurut dia, jika orang yang ditunjuk memiliki visi misi yang jelas, maka impian masyarakat yaitu pembangunan olahraga Indonesia serta kepemudaaan yang lebih sistematik serta penegakan aturan secara benar, akan bisa tercapai.

Ditanya siapa tokoh yang layak menggantikan posisi Andi Mallarangeng sebagai Menpora, pria yang pernah menjadi Staf Ahli Menpora Adhyaksa Dault ini belum bisa memberikan keterangan dengan tegas, meski ada beberapa tokoh yang dijagokan.

"Semua tergantung Bapak Presiden. Yang pasti, saat ini kita ingin Menpora baru bisa menyelesaikan berbagai macam persoalan pelik yang tengah dihadapi dunia olahraga Indonesia juga bagaimana menyelesaikan masalah kepemudaan," katanya menambahkan.

Meski belum diputuskan oleh presiden, beberapa nama calon pengganti Andi Mallarangeng telah muncul ke permukaan, di antaranya Ramadhan Pohan, Velix Wanggai, Menteri PDT Helmy Faizal, Taufan Roto Rasiko hingga Achsanul Qosasi.

"Tanpa mengenyampingkan yang lain, saya rasa Achsanul Qosasi juga berpeluang. Beliau adalah seorang yang memiliki komitmen tinggi di bidang olahraga, begitu juga di bidang kepemudaan," kata Ketua Pengprov PBSI DKI Jakarta ini.

Icuk menilai, apa yang terjadi di dunia olahraga dan kepemudaaan saat ini butuh penanganan yang lebih serius dan intensif. Untuk itu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono diharapkan segera memutuskan Menpora baru, yang saat ini masih dijabat rangkap oleh Menko Kesra Agung Laksono.

Sebelumnya pelaksana tugas Menpora Agung Laksono pada silaturahmi dengan pimpinan organisasi kepemudaan tingkat nasional di Wisma Kemenpora mendukung tokoh muda bisa menggantikan posisi Andi Mallarangeng.

"Saya mendukung dan mengapresiasi munculnya nama-nama anak muda untuk jadi Menpora. Hal ini menunjukkan kaum muda peduli dan antusias membangun pemerintahan," katanya.

Selain dari kalangan muda, kata dia, Menpora baru harus profesional karena setelah ditunjuk sebagai menteri akan langsung menjadi milik masyarakat Indonesia serta adil dalam membagi tugasnya antara olahraga dan kepemudaan.

Andi Malarangeng sebelumnya mundur dari posisinya sebagai Menpora, menyusul penetapan KPK atas dirinya sebagai tersangka dalam kasus korupsi proyek Hambalang.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement