Rabu 26 Dec 2012 17:18 WIB

Hampir Semua Wilayah Indonesia Rawan Bencana Alam Lho..

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Citra Listya Rini
Bencana alam (ilustrasi).
Foto: Antara/Embong Salampessy
Bencana alam (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Syamsul Maarif mengatakan hampir seluruh wilayah Indonesia rawan terhadap berbagai bencana, mulai banjir, tanah longsor, angin puting beliung, gempa, hingga tsunami.

"Hampir seluruh wilayah Indonesia rawan bencana dan potensi bencananya juga berbeda-beda atau tergantung kondisi wilayahnya," kata Syamsul usai Rapat Koordinasi Tingkat Menteri membahas kejadian seputar bencana alam yang terjadi di Indonesia, akhir-akhir ini di Kantor Kemenkokesra, Jakarta, Rabu (26/12).

Menurutnya, ada daerah yang rawan terhadap gempa dan tsunami, seperti di kawasan pantai barat Sumatera dan pantai selatan Jawa. Ada juga daerah yang rawan banjir dan tanah longsor seperti di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, dan Riau.

Oleh karenanya, imbau Syamsul, semua daerah di Indonesia harus siaga bencana alam. "Penanganan dan penanggulangan bencana alam tidak hanya menjadi tanggung jawab BNPB, tapi semua pihak," tegasnya.

Jadi, siaga bencana, tidak hanya personel dan peralatannya, namun daerah, baik provinsi, kabupaten dan kota juga harus menyiapkan anggaran yang siap dicairkan sewaktu-waktu. Ditambah lagi pemetaan yang harus dilakukan setiap daerah. Dana bencana ini, ujar Syamul, ada di Kementerian Keuangan.

Anggaran bencana alam BNPB sebesar Rp 4 triliun, katanya, itu belum termasuk anggaran yang ada di masing-masing kementerian. Sebab setiap kementerian juga ada dana cadangan khusus untuk menangani dampak bencana. Termasuk juga dana penanggulangan bencana dari setiap provinsi, kabupaten dan kota.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement