Senin 24 Dec 2012 13:08 WIB

Jelang Pilkada, Jateng Hitung Ulang Data Kependudukan

Pilkada DKI putaran dua
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Pilkada DKI putaran dua

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG--Gubernur Bibit Waluyo menyatakan data kependudukan yang diperuntukkan bagi Pemilihan Kepala Daerah 2013 dan Pemilu 2014 sedang dihitung ulang.

"Jangan terburu-buru, sedang dihitung bersama-sama," kata Bibit di Semarang, Senin. Menurut dia, penghitungan kembali tersebut melibatkan pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/ kota dan Komisi Pemilihan Umum.

"Data dari mana? Kok bisa diperoleh angka itu? Semua akan dihitung bersama," tambahnya.

Ia menuturkan proses penghitungan ulang itu tentunya membutuhkan waktu, mengingat banyaknya kendala di lapangan yang tidak diketahui.

Meski demikian, ia memperkirakan sebelum pelaksanaan pendaftaran bakal calon gubernur pada Pemilihan Gubernur 2013, proses penghitungan telah selesai.

"Februari sudah pendaftaran calon, sebelum pendaftaran mudah-mudahan bisa selesai," katanya.

Sebelumnya, terdapat selisih data kependudukan antara yang dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Daftar Penduduk Potensial Pemilih untuk keperluan pilgub dengan data Kementerian Dalam Negeri.

DP4 yang berasal dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyebutkan jumlah penduduk provinsi ini mencapai 39,29 juta jiwa.

Adapun data Kementerian Dalam Negeri yang disampaikan dalam Data Agregat Kependudukan menyebutkan jumlah penduduk Jawa Tengah mencapai 32,57 juta jiwa.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement