Jumat 21 Dec 2012 04:55 WIB

ICMI Buka Suara Soal Capres 2014

Rep: Agus Raharjo/ Red: Abdullah Sammy
ICMI
ICMI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) menyampaikan empat kriteria calon presiden (capres) Indonesia 2014. Kriteria capres itu dibacakan dalam akhir Silaturahim Kerja Nasional (Silaknas) 2012 ICMI yang berakhir, Kamis (20/12).

Mantan ketua presidium ICMI Nanat Fatah Natsir mengatakan, kriteria pertama adalah capres harus beriman, bertakwa, dan memiliki visi ilmu pengetahuan dan teknologi. Menurut Nanat, ilmu pengetahuan penting, tapi harus dilandasi iman dan takwa. "Supaya membawa manfaat bagi umat," katanya, kemarin.

Kedua, capres 2014 harus tokoh yang bersih dan mampu serta mau membersihkan. Menurut ICMI, Indonesia harus memilih orang yang bersih supaya tidak korupsi. Selain itu, harus bisa membersihkan karena orang yang bersih belum tentu mau dan mampu membersihkan.

Kriteria ketiga, capres harus mampu membangun kemandirian dan kedaulatan bangsa. ICMI berpendapat, Indonesia saat ini masih bergantung pada barang-barang impor, karena itu harus diubah. Kriteria terakhir, capres adalah tokoh yang memiliki rekam jejak dan sejarah hidup yang baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement