Jumat 30 Nov 2012 12:22 WIB

Terkait Keamanan, SBY Beri Arahan ke Pejabat Daerah

Rep: Esthi Maharani/ Red: Dewi Mardiani
Aksi Buruh (ilustrasi)
Foto: Antara
Aksi Buruh (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan arahan kepada Gubernur, Bupati/Wali Kota, Kepala Polda, Kepala Polres, Panglima Kodam, dan Komandan Korem. Hadir pula jajaran Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, Pimpinan Polri dan TNI. Presiden SBY memberikan arahan terkait keamanan di daerah.

Presiden mencatat sejumlah permasalahan yang menonjol selama 2012. Ia fokus pada tiga hal yakni konflik komunal dan kekerasan horizontal, sengketa perburuhan, sengketa tenaga kerja yang disertai sweeping dan gangguan kerja; dan konflik pertanahan di areal yang sering juga diikuti aksi kekerasaan. "Ketiga masalah ini harus bisa diatasi dan dikelola dengan baik," katanya, Jumat (30/11).

Ia meminta kepada seluruh jajaran pemerintah tidak menganggap remeh konflik horizontal di tengah masyarakat. Pimpinan penegak hukum dan kepala daerah diminta serius mengatasi permasalahan tersebut. Menurutnya, hal tersebut tidak bisa dianggap remeh. Jika rasa aman dan tenteram masyarakat terganggu, berarti ada yang salah.

"Jangan dilepas dan dibiarkan. Kita mesti mengatasi dan mengelola secara aaddil dan tepat supaya tidak jadi bom waktu di masa depan," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement