Rabu 28 Nov 2012 18:56 WIB

BK DPR: Mohammad Hatta, Saidi Butar-Butar dan Linda Megawati Bersih

Rep: Aghia Khumaesi/ Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Kehormatan (BK) DPR melakukan pemeriksaan terhadap tiga anggota Komisi XI DPR yang dituding Menteri BUMN Dahlan Iskan telah memeras PT. Merpati Nusantara Airlines secara berurutan pada hari ini, Rabu (28/11). Ketiga anggota tersebut yakni, politikus Partai Demokrat Linda Megawati dan Saidi Butar-Butar serta politisi PAN Mohammad Hatta.

Pemeriksaan ini berdasarkan pertemuan tertutup pada 1 Oktober 2012 lalu. Wakil Ketua Badan Kehormatan (BK) DPR Siswono Yudho Husodo mengatakan, hasil pemeriksaan terhadap tiga anggota DPR itu dipastikan tidak terlibat dalam kasus pemerasan tersebut. "Ketiganya bersih," ujar Siswono di Gedung Parlemen Jakarta, Rabu (28/11).

Di mana menurutnya, Hatta diyakini tidak menghadiri pertemuan itu. Pasalnya, menurut keterangan Hatta, dia sedang melakukan sosialisasi Ottoritas Jasa Keuangan (OJK) di daerah Klaten, Jawa Tengah. "Jelas saudara Hatta tidak ada di ruangan pimpinan bersama dengan direksi Merpati. Dia sedang di Klaten sosialisasi," tambahnya.

Sementara, dua anggota DPR lainnya dari Partai Demokrat seperti Linda Megawati dan Saidi Butar-Butar memang berada di ruangan pimpinan Komisi XI bersama dengan Dirut Merpati Nusantara Airlines, Rudy Setyopurnomo.

Namun, kehadiran mereka di ruangan pimpinan, kata Siswono, karena mengetahui adanya rapat Panja Merpati dengan dirut PT Merpati. "Ya mereka di sana. Tapi tidak berbicara apa-apa," kata politikus Partai Golkar ini.

Namun, BK saat ini belum memberikan keputusan dan kesimpulan resmi yang jelas terkait hal ini. Karena, kata Siswono, pihaknya akan melakukan konfrontir terlebih dahulu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement