Selasa 27 Nov 2012 07:07 WIB

Dana Penanggulangan Bencana Sukabumi Naik Rp 2 Miliar

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Hazliansyah
Rumah warga yang jadi korban tanah longsor (ilustrasi).
Foto: Antara/Arif Pribadi
Rumah warga yang jadi korban tanah longsor (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Dana penanggulangan bencana alam di Kabupaten Sukabumi ditambah menjadi Rp 2 miliar. Kebijakan ini diambil menyusul banyaknya kejadian bencana alam terutama longsor yang terjadi akhir-akhir ini.

"Saat ini besaran dana penanggulangan bencana masih sedikit," ujar Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Badri Suhendi, kepada wartawan, Selasa (27/11).

Dana penanggulangan bencana sebelumnya hanya dialokasikan sebesar Rp 1 miliar. Padahal, ujar Badri, peristiwa bencana alam di tengah musim hujan ini cukup banyak. Dikhawatirkan dana yang terbatas tersebut tidak mampu menangani kasus bencana alam.

Badri berharap, penambahan anggaran bencana sebesar Rp 1 miliar di APBD 2013 ini mampu mempercepat penanganan bencana yang dilakukan petugas di lapangan. Sehingga para korban bencana alam dapat dibantu secepat mungkin.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyebutkan, bencana longsor telah menerjang belasan kecamatan. Diantaranya Kecamatan Sukabumi, Sukaraja, Sukalarang, Cisolok Parukuda, Caringin, Cisaat, dan Kadudampit.

Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan, BPBD Kabupaten Sukabumi, Usman Susilo menerangkan, bencana longsor menyebabkan sejumlah rumah warga rusak. Selain itu saluran irigasi dan jalan raya rusak karena tertimbun longsoran tanah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement