Selasa 06 Nov 2012 01:29 WIB

Budaya Dorong Islam di Indonesia Jadi 'Kiblat' Dunia

Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf.
Foto: IST
Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf menilai, Islam di Indonesia sebenarnya merupakan dialog antara Islam dengan kehidupan lokal.

Sayangnya dialog itu mulai menurun. "Padahal budaya atau nilai-nilai lokal itulah yang mendorong Islam di Indonesia menjadi 'kiblat' dunia," katanya di Surabaya, Senin (5/11) malam.

Pernyataan itu dikemukakan Nazarudin saat membuka 'Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) XII-2012' yang dihadiri 1.200-an peserta dari kalangan Rektor dan Direktur Pascasarjana Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) negeri dan swasta se-Indonesia. (baca: Wamenag: Indonesia akan Jadi Pusat Sinergi Islam-Sains).

AICIS yang berlangsung pada 5-8 November 2012 itu juga dihadiri sejumlah peneliti dari Mesir, Maroko, Rusia, Jerman, Irak, dan Malaysia. (baca: 'Jika Agama Dogmatis, Orang akan Terpaksa Memeluknya').

Dirjen Pendidikan Islam (Pendis) Kementerian Agama RI, Nur Syam mengatakan AICIS 2012 memang mengkaji Studi Islam terkait dengan isu-isu internasional. Seperti pendidikan, ekonomi, politik, teologi, hukum, kemiskinan, lingkungan, perdamaian, dan sebagainya.

"Ada 527 paper yang dikirimkan para peneliti kepada panitia di Kemenag RI atau meningkat dibandingkan dengan AICIS pada tahun sebelumnya yang hanya 377 paper, namun hanya 130 proposal yang lolos seleksi untuk dipresentasikan," katanya.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement