Senin 29 Oct 2012 12:00 WIB

Mabes Polri Periksa Gubernur Malut Hari Ini

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Hazliansyah
Gubernur Maluku Utara (Malut), Thaib Armaiyn
Gubernur Maluku Utara (Malut), Thaib Armaiyn

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyidik Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri akan memeriksa Gubernur Maluku Utara (Malut) Thaib Armaiyn hari ini, Senin (29/10).

Thaib akan diperiksa terkait statusnya sebagai tersangka. Ia diduga terlibat dalam kasus dugaan korupsi sekitar Rp 6,7 miliar dari total dana tak terduga sekitar Rp 24 miliar pada 2004. 

"Rencana dipanggil untuk hari ini. Kita tunggu kabarnya," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Brigadir Jenderal Polisi Boy Rafli Amar melalui pesan singkat, Senin (29/10).

Thaib yang sudah menjabat selama dua periode ini sebelumnya ditahan saat hendak ke Jakarta, pada Jumat (12/10). Thaib yang harus transit di Bandara Sam Ratulangi, Manado terpaksa tidak bisa melanjutkan perjalanannya karena lebih dulu ditahan tim Bareskrim Polri.

Awalnya tim Bareskrim agak terlambat menyampaikan surat penahanan oleh Kabareskrim bernomor R/2036/X/2012 kepada Thaib. Akibatnya, Thaib lebih dulu meninggalkan Ternate dengan tujuan Jakarta dan Thaib baru ditahan saat transit di Manado.

 

Sebelum Thaib, sejumlah pejabat di Pemerintah Provinsi Maluku Utara lebih dulu ditetapkan sebagai tersangka, yakni Rusli Zainal (mantan Karo Keuangan), Jony Nurmidin (mantan Karo Keuangan), Rurmala A Rahman (mantan bendahara), dan Rahim Abdurahman (mantan bendahara).

Rusli Zainal bahkan sudah menjalani persidangan dan divonis 1 tahun penjara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement