Sabtu 20 Oct 2012 14:00 WIB

Dipimpin Adhi Karya, Konsorsium Monorel Gabungkan Empat BUMN

Rep: Rachmita Virdani/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Monorel
Monorel

REPUBLIKA.CO.ID, KEBON SIRIH--PT Adhi Karya yang ditunjuk Kementerian BUMN sebagai pemimpin konsorsium untuk membangun dan menyelesaikan Monorail Jakarta menyatakan sudah mengajukan proposal baru untuk memulai pembangunan. Namun proposal ini tidak berkaitan dengan PT Jakarta Monorail sebagai pengembang lama.

"Adhi Karya tidak ada urusan dengan masa lalu. Masa lalu monorail urusannya PT Jakarta Monorail," tegas Kiswodarmawan, Direktur Utama PT Adhi Karya, usai rapat dengan Wagub DKI Jakarta di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (19/10). "Anda tidak bisa tanya itu ke saya, karena saya bukan dari PT Jakarta Monorail, tapi Adhi Karya."

Kiswo menjelaskan untuk konsep monorail yang dimiliki PT Adhi Karya dan Pemprov DKI Jakarta semuanya akan menggunakan produk dalam negeri. Mulai dari kereta dalam negeri hasil produksi PT Industri Kereta Api (INKA), kemudian untuk sistemnya akan dikerjakan PT Lembaga Elektronika Negara (LEN), komunikasi dari PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom), dan desain konstruksi dari PT Adhi Karya sendiri.

Sedangkan untuk jalur monorail, kata Kiswo, masih dalam konsep. Namun konsep rute tersebut sudah diajukan ke Pemprov DKI, setelah pengajuan baru nanti diputuskan apakah pemprov setuju atau DKI. "Nanti kita tunggu panggilan DKI saja masalah keputusannya. Sekarang urus proposal dulu,"katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement