Senin 01 Oct 2012 11:35 WIB

KRL Wanita Belum Atasi Penuhnya Penumpang

Rep: Andi Ikhbal/ Red: Dewi Mardiani
Kereta Commuterline.
Foto: ANTARA/Reno Esnir
Kereta Commuterline.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Penambahan satu unit Rangkaian Kereta Wanita (RKW) belum dapat mengatasi kepenuhan penumpang. Terlalu jauhnya rentang waktu kedatangan kereta tersebut justru tidak terlalu mempengaruhi perjalanan kereta.

Menurut pantauan di lapangan, kondisi KRL Commuterline di stasiun Depok Baru, Depok, Jawa Barat masih kerap kali terlihat padat. Padahal sudah ada tambahan armada RKW sebelumnya pada pukul 06.57 yang berangkat dari stasiun tersebut.

Beberapa penumpang meminta pada pihak PT KAI agar lebih mempersiapkan pelayanannya sebelum memberlakukan tarif. Dengan demikian, saat harga tiket naik, ada perubahan signifikan yang dapat dirasa oleh mereka. "Kalau setiap tiga jam sekali, terlalu jauh juga jarak waktu kereta wanita tersebut," kata Leha, penumpang tujuan Tanah Abang.

Manajer Komunikasi PT KAI, Eva Chairunisa, mengatakan grafik perjalanan kereta sudah diperhitungkan, tidak bisa diubah. Menurut Eva, adanya RKW di waktu-waktu tersebut merupakan upaya menyisipkan KRL tambahan bagi penumpang. "Kami berusaha mencari titik-titik padat penumpang," kata Eva.

Adapun jadwal RKW yang berangkat dari Stasiun Depok Baru menuju Jakarta Kota, yakni, pukul 06.57 WIB, 10.31 WIB, 13.41 WIB, dan 17.06 WIB menuju stasiun Jatinegara. Pihak PT KCJ baru akan optimal mengoperasikan KRL tambahan lainya pada awal tahun 2013 nanti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement