Kamis 13 Sep 2012 23:50 WIB

Pancasila Solusi Selesaikan Persoalkan Bangsa Versi Try Soetrino

mantan wapres Try Sutrisno
mantan wapres Try Sutrisno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Mantan Wakil Presiden Try Sutrisno mengatakan bahwa Pancasila adalah solusi dalam mengatasi persoalan bangsa.

"Untuk menyelesaikan persoalan bangsa harus menggunakan konsep Pancasila. Karena di dalamnya terkandung filosofi dan ideologi, jangan pakai konsep yang lain," ujar Try usai peluncuran buku Adhyaksa Dault "Menghadang Negara Gagal, Sebuah Ijtihad Politik", di Jakarta, Kamis (13/9).

Dalam Pancasila, jelas dia, terkandung berbagai hal pokok yang diperlukan untuk menyelesaikan persoalan bangsa seperti persatuan dan kesatuan, dan juga gotong royong. "Modalnya itu adalah bersatu. Ukhuwa. Kalau sudah bersatu boleh berbeda pendapat karena kita sebagai keluarga dan itu hal yang biasa," ujar lelaki berumur 76 tahun itu.

Namun yang terjadi saat ini, lanjut dia, rasa persatuan dan kesatuan itu jauh berkurang sehingga banyak terjadi bentrok di sana-sini. "Jangan mencari kelemahan pada masa kepemimpinan. Yang dilihat adalah apa hasilnya, kalau kelemahan pasti ada," tambah dia.

Dia juga mengingatkan para pemimpin dan rakyat mampu berpikir jernih dan melihat yang terjadi saat ini sebagai sebuah dinamika.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement