Rabu 29 Aug 2012 14:24 WIB

Kado Ultah DPR: Citra Buruk

Rep: Mansyur Faqih/ Red: Hafidz Muftisany
Ketua komisi I DPR Mahfudz Sidiq
Foto: http://mahfudzsiddik.blogspot.com
Ketua komisi I DPR Mahfudz Sidiq

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Ketua Komisi I DPR, Mahfudz Siddiq memandang, di usianya yang ke 67 tahun, DPR saat ini sedang berada pada tantangan untuk membangun kembali kepercayaan masyarakat. Ini melihat citra DPR yang memang belakangan ini terus menurun seiring dengan banyaknya kasus korupsi yang menjerat anggota dewan.

Padahal, di awal masa reformasi ada harapan besar masyarakat akan peran DPR di dalam membangun sistem bernegara dan kehidupan yang lebih baik serta mensejahterakan. ''Namun, di tengah sistem multipartai, pemilihan legislatif secara langsung dan penguatan kewenangan, DPR masih belum mampu menjawab harapan tersebut,'' kata Mahfudz kepada wartawan, Rabu (29/8).

Karenanya, papar dia, perlu segera dilakukan penguatan kelembagaan dan peningkatan kompetensi anggota DPR. Termasuk juga aspek integritas yang saat ini semakin menjadi barang langka.

''DPR jangan terjebak sebagai bagian dari kelemahan sistem pemerintahan. Tapi justru harus kuat mengawal dan memperkuat sistem pemerintahan,'' pungkas Wasekjen Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement