Jumat 24 Aug 2012 17:18 WIB

DPR Kritik Pemerintah Soal Tingginya Kecelakaan Mudik

Rep: M Akbar Wijaya/ Red: Hafidz Muftisany
Kecelakaan lalu lintas (ilustrasi).
Foto: Antara/Arief Priyono
Kecelakaan lalu lintas (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Pemerintah harus segera membenahi sistem transportasi nasional. Hal ini penting untuk meredam angka kecelakaan pemudik di tahun yang akan datang.

"Pemerintah perlu membuat sistem transportasi nasional yang baik," kata anggota Komisi V yang menangani bidang transportasi, Saleh Husin kepada Republika, Jum'at (24/8).

Saleh mengatakan tingginya angka kecelakaan pemudik lebaran tahun ini lantaran tidak tersedianya fasilitas transportasi massal yang memadai.

Kereta api dan bus misalnya, tidak sanggup menampung angka pemudik yang kian membengkak. Alhasil masyarakat yang tidak punya pilihan tepaksa harus menggunakan sepeda motor menuju kampung halaman.

Celakanya, motor tidak didesain untuk perjalanan jauh. Terlebih, imbuh Saleh, banyak pengguna sepeda motor yang melanggar aturan seperti berboncengan lebih dari dua orang dan mengangkut beban berlebihan.

"Bisa dibayangkan jutaan pemudik yang terpaksa menggunakan motor. Ini tentu sangat rawan akan kecelakaan," ujar Saleh.

Saleh menyatakan Komisi V DPR akan memanggi Kementrian Perhubungan dan Kepolisian untuk mendapatkan data resmi kecelakaan mudik tahun ini. DPR juga akan mengevaluasi penanganan mudik lebaran tahun ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement