Sabtu 04 Aug 2012 22:49 WIB

PMI Pati Kesulitan Dapatkan Pendonor

Stok Kantong Darah (Ilustrasi)
Foto: Corbis
Stok Kantong Darah (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PATI – Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kabupaten Pati, Jawa Tengah, mengalami kesulitan mendapatkan pendonor selama bulan puasa Ramadhan.

"Untuk itu, kami harus berburu pendonor hingga ke sejumlah vihara dan gereja yang ada di Kabupaten Pati, agar stok darah tetap terjaga selama bulan puasa," tutur Juru Bicara Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Cabang Pati, Safaati, Sabtu (4/8).

Ia mengakui jadwal donor karyawan dari sejumlah perusahaan di Pati selama Ramadhan, dihentikan sementara, karena terkait dengan kinerja karyawannya, terutama yang menjalankan ibadah puasa.

“Sebelum memasuki bulan puasa, jadwal donor untuk karyawan dari sejumlah perusahaan di Pati dioptimalkan,” ujar Safaati.

 

Sementara itu, jumlah vihara yang menyatakan kesediaannya mengumpulkan jemaatnya untuk menyumbangkan darahnya, terdapat tiga vihara, yakni di Juwana (Kecamatan Juwana), serta Payak dan Cluwak (Kecamatan Cluwak).

Sementara gereja yang menyatakan kesediaannya, yakni Gereja Kristen Muria Indonesia (GKMI) dan Gereja Isa Almasih (GIA). "Hanya saja, jumlah pendonor belum bisa dipastikan. Mudah-mudahan mencapai puluhan pendonor," lanjut dia.

Meskipun kesulitan mendapatkan pendonor, stok darah yang tersedia saat ini cukup untuk memenuhi kebutuhan hingga memasuki Lebaran 2012 karena tersedia 282 kantong darah. Dari jumlah tersebut, meliputi darah golongan O sebanyak 69 kantong, A sebanyak 99 kantong, B sebanyak 92 kantong, dan AB sebanyak 22 kantong.

 

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement