Sabtu 28 Jul 2012 17:17 WIB

Jejak Badak Menghilang di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Badak (ilustrasi)
Foto: Antara
Badak (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,bandarlampung--Populasi dan distribusi badak di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), Lampung Barat, cenderung tidak ditemukan jejaknya, setelah ditingkatkan status jalan Sangi Bengkunat menjadi jalan nasional.

Leader Project WWF Wilayah Lampung-Bangkulu Yob Carles, di Bandarlampung, Sabtu, mengatakan, Tahun 2008 masih banyak ditemukan populasi badak di sekitar kiri-kanan jalan tersebut, seiring peningkatan status dan meningkatnya jumlah kendaraan yang melintasi jalan itu, justru populasi badak di kawasan TNBBS cenderung berkurang.

"Kami tidak menemukan jejak badak di sekitar jalan itu setelah ada penngkatan status jalan, tapi masih ditemukan sejumlah jejak hewan lainnya sepeti macan, harimau, gajah dan hewan penghuni inti hutan lainnya," kata Yob.

Badak, tambahnya merupakan binatang yang memiliki peran menjaga kelestarian hutan. Hanya hewan badak itulah, kata dia, yang mau memakan-makanan liar seperti matangan yang melilit di sebagian pohon-pohon besar yang ada di hutan.

"Jika populasi badak hutan tidak kita jaga keberadaannya, kemungkinan hewan yang akan menyerap mantangan itu semakin berkurang dan dengan sendirinya pohon-pohon besar yang ada di dalam kawasan akan tumbang," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, penemuan tersebut terungkap dari hasil penelitian WWF tentang populasi dan distribusi satwa top predator terhadap peningkatan status jalan sangi bengkunat.

"Penelitian itu dilakukan sejak tahun 2011 yang mana, tim WWF memasang sekitar 50 camera trep dengan interval dua sampai empat kilometer dari satu titik ke titik lainnya dan berjarak sekitar 500 meter dari tepi jalan," ujarnya.

Atas temuan tersebut, pihaknya mengharapkan pemerintah segera memasang pembatas jalan untuk menjaga kemungkinan konflik antara manusia dengan satwa dan kemungkinan perburuan liar.

"Jalan itu sangat rawan, kami mengkhawatirkan jika pemerintah tidak segera memberi marka jalan di sekitar kiri-kanan jalan Sangi Bengkunat, maka akan membahayakan pengguna jalan yang melintas di sana, bahka terdapat kemungkina justru hewan itu sendiri yang mati akibat perburuan liar yang semakin mudah mendapat akses ke sana," kata dia.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement