Senin 16 Jul 2012 23:12 WIB

Kala Para Pemred Menyentil Pilkada via 'Ketoprak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Pagelaran seni tradisi ketoprak yang diperankan para pimpinan redaksi media massa yang tergabung dalam 'Forum Pemred' di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ), Senin (16/7) malam banyak menyentil soal Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta.

Sejumlah ungkapan yang menjurus ke Pilkada DKI kerap di lontarkan para pemain seperti, 'hati kotak-kotak', 'dua putaran', 'Surakarta', dan lain sebagainya. Bahkan, ada salah satu pemimpin redaksi yang jelas-jelas menyebutkan dua kandidat terkuat calon gubernur yakni Fauzi Bowo dan Jokowi.

Lontaran demi lontaran dari para pemred dalam lakon "Untung Suropati" tersebut banyak membuat penonton yang memenuhi Gedung Kesenian Jakarta tertawa lepas. Sejumlah pimpinan redaksi, redaktur senior sukses menghibur penonton yang serius menatap panggung pementasan.

Selain menyentil soal pilkada, pentas ketoprak tersebut juga banyak mengandung pesan moral mengenai negara impian yang seharusnya bebas dari korupsi, kekerasan, penggelapan pajak dan lain sebagainya. Pentas tersebut juga banyak bercerita tentang peran jurnalis sebagai pengawal demokrasi.

Meskipun ada bagian yang terkesan serius, namun keseluruhan pentas banyak mengandung undur komedi yang sangat spontan dan orisinal. Suasana menjadi sangat unik ketika para petinggi media massa yang dalam kesehariannya terlihat serius namun pada pagelaran tersebut tampil dengan balutan kostum dan 'make up' yang mencolok.

Para pemimpin redaksi yang ikut bermain dalam ketoprak tersebut adalah Wahyu Muryadi dari Tempo, Farouk Sururi dari Seputar Indonesia, Eko dari Infobank, Heddy Lukito dari Gatra, Ilham Bintang dari Cek Ricek, Arief dati Bisnis Indonesia. Selain itu, Arifin dari Detik, Nasihin dari Republika, M Slamet dari Koran Jakarta, Firdaus dari Neraca, Usman dari Media Indonesia, M Ihsan dari Warta Ekonomi, Kemal dari SWA, Don Sardono dari Indo Pos.

Tampil juga dalam acara tersebut Saiful Hadi dari LKBN ANTARA, Akhmad Kusaeni dari LKBN ANTARA, Asro Kamal Rokan dari Jurnas, Uni Lubis dari ANTV, Andi dari Inilah, Primus dari Investor, Ratna dari Rakyat Merdeka, Gatot dari Trans TV.

Ditambah lagi sejumlah pemain bintang tamu seperti Dhini Aminarti dan bintang tamu lainnya dari Adhi Budaya dan lain sebagainya. Lakon Untung Suropati bercerita tentang kisah pemuda pada zaman VOC dan berlatar belakang kerajaan Mataram.

Wapemred LKBN ANTARA Akhmad Kusaeni menjelaskan bahwa tujuan diselenggarakannya acara tersebut adalah untuk ikut serta melestarikan tradisi wayang orang. Hasil dari pementasan ketoprak tersebut juga akan ditujukan untuk membantu grup ketoprak Adhi Budaya yang menghadapi kesulitan mempertahankan eksistensinya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement