Selasa 19 Jun 2012 21:08 WIB

Menkopolhukam: Situasi Papua Sudah Mulai Pulih

Rep: Esthi Maharani/ Red: Heri Ruslan
Djoko Suyanto
Foto: Antara/Fanny Octavianus
Djoko Suyanto

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA – Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Djoko Suyanto menyatakan situasi Papua sudah mulai pulih.

“Situasi di masyarakat sudah berjalan seperti biasa. Aktivitas masyarakat dan lalu lintas arus manusia dan barang sudah pulih kembali,” katanya lewat pesan singkat, Selasa (19/6).

Ia membenarkan ada pertemuan dengan berbagai kalangan kelompok dan elemen masyarakat, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD). Ia menyatakan dalam pertemuan tersebut merumuskan beberapa hal baik dari segi keamanan ataupun pemilukada.

“Pelaksanaan Pemilukada gubernur yang harus segera terlaksana, sehingga tidak ada ke vakuman pimpinan daerah,” katanya.

Djoko juga mengatakan bahasan lain yang disinggung dalam pertemuan itu yakni pelaksanaan  pembangunan daerah melalui otonomi khusus Papua yang belum dirasakan mengalir dengan baik. Masyarakat Papua juga menginginkan agar aksi kekerasan yang terjadi segera dihentikan.

“Soal affirmatif action sebagai policy dasar pemerintah pusat belum diimplentasikan melalui perda yang mendukung dengan para stakes holders, masalah kecemburuan sosial antara pendatang dan penduduk asli dan lain-lain,” katanya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement