Ahad 17 Jun 2012 07:11 WIB

Tim Ekspedisi Khatulistiwa Gelar Baksos di Sebatik

Pulau Sebatik, perbatasan Indonesia-Malaysia
Foto: Blogspot
Pulau Sebatik, perbatasan Indonesia-Malaysia

REPUBLIKA.CO.ID, NUNUKAN -- Tim Ekspedisi Khatulistiwa 2012 Sub Koordinator Wilayah 5/Nunukan Kalimantan Timur akan kembali menggelar bakti sosial (baksos) di Pulau Sebatik Kabupaten Nunukan.

"Untuk memastikan rencana baksos di pulau yang berbatasan langsung dengan Negara Bagian Sabah, Malaysia ini, Tim Ekspedisi mengutus dua perwira untuk melakukan survei awal yaitu Kapten CHB Sudirman, dan kapten Inf Amir Syarifuddin," kata Perwira Penerangan dan Sejarah Tim Ekspedisi Khatulistiwa 2012 Sub Koorwil 5/Nunukan, Kapten Mardiono, di Nunukan, Sabtu (16/6).

Kedua perwira itu akan melakukan koordinasi dengan pemerintah dan warga di pulau tersebut baik lokasi kegiatan maupun tempat mendirikan posko.

"Hari ini kedua perwira itu telah diluncurkan dari pos kotis Sei Menggaris ke Pulau Sebatik untuk melakukan koordinasi," ujarnya.

Baksos ini akan digelar Senin (18/6) dengan melibatkan 23 personel dari seluruh unit kegiatan yaitu penelitian sosial budaya (sosbud), flora fauna, kehutanan, geologi dan potensi bencana alam serta komunikasi sosial (komsos).

Kegiatan komsos sendiri, lanjut Mardiono, akan memutar film perjuangan dan pengibaran bendera merah putih di mercusuar perbatasan perairan Indonesia-Malaysia di Karang Unarang.

"Kepastian lokasi kegiatan masih menunggu informasi dari kedua perwira yang diutus tersebut," lanjutnya.

Sementara pasukan kata Mardiono akan dikerahkan dari Pos Kotis Sei Menggaris menuju Pulau Sebatik, Minggu (17/6).

Baksos ini, Mardiono mengatakan merupakan lanjutan dari seluruh rangkaian kegiatan komsos tim ekspedisi khatulistiwa 2012.

Sedangkan kegiatan dari tim penelitian akan melakukan sejumlah penelitian yang berhubungan dengan bidang masing-masing termasuk kondisi kehidupan masyarakat di wilayah perbatasan di Pulau Sebatik itu.

Kegiatan baksos di pulau ini, merupakan yang kelima kalinya menjelang penutupan seluruh kegiatan Tim Ekspedisi Khatulistiwa 2012 Sub Koorwil 5/Nunukan, Juli 2012.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement