Senin 21 May 2012 15:36 WIB

Lebih Diperketat, Seleksi Calon Transmigran

Rep: Dwi Murdaningsih/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Seorang transmigran sedang bercocok tanam di tanah yang tandus. (ilustrasi)
Foto: www.matanews.com
Seorang transmigran sedang bercocok tanam di tanah yang tandus. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Seleksi calon transmigran yang akan dikirim ke luar Jawa bakal diperketat. Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengungkapkan kebijakan ini untuk meningkatan kualitas calon transmigran dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan program transmigrasi di daerah.

"Aspek penyiapan calon transmigran sangat penting mengembangkan kawasan transmigrasi di daerah-daerah, kata Muhaimin, Senin (21/5)."

Muhaimin menjelaskan keberhasilan program transmigrasi ditentukan oleh aspek aspek penyiapan permukiman, aspek penyiapan calon transmigran; dan aspek pembinaan (masyarakat dan kawasan transmigrasi). "Ketiganya memiliki hubungan kausalitas yang tentunya harus dilaksanakan secara terpadu melalui kerjasama antar daerah dan dukungan instansi lintas sektor terkait," kata Muhaimin.

Tahun 2011 Kemenakertrans berhasil menempatkan sebanyak 8.392 kepala keluarga (KK) dalam program transmigrasi. Selanjutnya pada 2012 ini diproyeksikan 9.500 KK transmigran akan difasilitasi untuk ditempatkan di berbagai kawasan transmigrasi di Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement