Ahad 20 May 2012 14:38 WIB

12 Dari 500 Daerah Ajukan Penambahan PNS

Rep: Esthi Maharani/ Red: Dewi Mardiani
Pegawai Negeri Sipil/PNS (ilustrasi)
Foto: Antara/Henky Mohari
Pegawai Negeri Sipil/PNS (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN dan RB), Azwar Abubakar, menyatakan telah membuka penerimaan PNS untuk seluruh kementerian/lembaga. Tetapi, hingga saat ini baru belasan daerah yang mengajukan permohonan untuk perekrutan PNS.

"Dari 500 daerah yang ada, baru belasan atau kurang dari 20 daerah yang mengajukan permohonan perekrutan PNS," katanya saat dihubungi, Ahad (20/5).

Dengan fakta sementara itu, lanjutnya, ada fenomena baru yang terjadi. Yakni permintaan berkurang, kalaupun ada, hal itu benar-benar berdasarkan kebutuhan. Azwar mengatakan permohonan permintaan PNS ini akan dibuka hingga akhir bulan. "Dibuka sampai akhir bulan ini untuk permohonan PNS," katanya.

Ia mengatakan jatah kuota 60 ribu PNS ini dialokasikan tak hanya untuk kebutuhan pusat tetapi juga di daerah. Pembagiannya, 20 ribu untuk PNS dilingkungan pemerintah pusat, sedangkan 40 ribu untuk lingkungan pemerintah daerah.

Menurutnya, penerimaan ini tak hanya berdasarkan kebutuhan PNS untuk kementerian/lembaga, tetapi juga berdasarkan adanya PNS yang akan menghadapi pensiun. Sedikitnya, ada 125 ribu PNS yang pensiun tahun ini. Dengan begitu, ia beranggapan perekrutan PNS masih dibutuhkan, meski moratorium berlaku hingga 2013.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement