Kamis 26 Apr 2012 09:22 WIB

Sarjana Menganggur Karena Berfikir Cari Lowongan Kerja

Bursa Kerja ilustrasi
Bursa Kerja ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SAMARINDA- Kepala Disnakertrans Kalimantan Timur (Kaltim), Ichwansyah mengatakan banyaknya lulusan perguruan tinggi atau Strata Satu (S1) masih menganggur karena mereka berfikir memburu lowongan kerja, bukan berfikir menciptakan lapangan kerja.

Menurutnya, keberhasilan seseorang dalam bidang tertentu terletak pada seberapa kuat daya fikir dalam meraih cita-cita yang diinginkan.

"Jika seseorang berkeinginan menjadi tenaga kerja, maka dia akan menjadi pekerja, namun jika berkeinginan menciptakan  lapangan kerja, maka dia akan mampu mewujudkannya karena tenaga dan fikirannya akan tercurah ke arah yang diinginkan," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kaltim, Ichwansyah di Samarinda, Kamis (26/4).

Langkah selanjutnya untuk mencapai keberhasilan adalah talenta atau keterampilan. Untuk mendapatkan keterampilan, merupakan langkah mudah ketimbang memupuk keinginan kuat berwirausaha, karena keterampilan mudah dipelajari.

Lulusan perguruan tinggi, katanya, pasti memiliki semangat untuk perubahan masa depan mereka. Dengan kemampuan intelektual yang diperoleh di kampus, ditambah dengan pengetahuan kewirausahaan, diharapkan akan menjelma menjadi wirausahawan muda produktif dan tangguh.

"Untuk mencetak tenaga muda berintelektual dan mampu beriwirausaha, tahun ini akan melatih dan mencetak 50 orang lulusan S1 untuk berwirausaha produktif," ujar Ichwansyah sekaigus mempromosikan program pelatihan yang akan mereka jalani di Samarinda.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement