Rabu 25 Apr 2012 19:40 WIB

Isu Tomcat Merebak di Gedung Sate

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Chairul Akhmad
Tomcat atau kumbang Rove (ilustrasi).
Foto: Blogspot.com
Tomcat atau kumbang Rove (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Isu tomcat merebak di lingkungan PNS Gedung Sate. Pekan lalu, serangga menyerupai tomcat itu dikabarkan ditemukan di toilet lantai tiga Kantor Gubernur Jabar tersebut.

Isu keberadaan tomcat ini, kembali merebak pada Rabu (25/4). Salah seorang office boy (OB) Gedung Sate yang enggan disebutkan namanya mengatakan, selain ditemukan di toilet biro hukum lantai tiga, di toilet wanita basement pun ditemukan serangga yang menyerupai tomcat.

"Ya, katanya ada tomcat di toilet. Tapi, belum tahu pasti itu benar tomcat atau bukan," kata dia.

Kepala Bagian Rumah Tangga Pemprov Jabar, Iip Hidayat, menyangkal keberadaan tomcat di Gedung Sate. Ia mengaku, hingga saat ini belum menerima atau pun menemukan langsung tomcat di toilet.

Namun, adanya isu tomcat tersebut membuatnya lebih waspada dalam melakukan perawatan semua ruangan. "Kami belum pernah menemukan langsung," ujar Iip.

Lebih lanjut Iip mengatakan, setiap bulan Pemprov Jabar selalu melakukan perawatan rutin dengan membersihkan semua ruangan dan menyemprot toilet menggunakan bahan pembasmi serangga. Dengan penyemprotan itu, tak hanya kecoa yang akan mati. Tapi, nyamuk demam berdarah dan tomcat pun bisa mati. "Tadi kami sudah menyemprot jadi aman dan memang tak ditemukan," tegas Iip.

Iip mengatakan, kalau tomcat tersebut benar-benar ditemukan, Ia pasti akan menghubungi dinas terkait, yakni, Dinas Pertanian dan Kesehatan untuk menanganinya. Namun, karena memang belum ada laporan maka saat ini koordinasi belum dilakukan.

Ia mengatakan tak semua pegawai di lingkungannya tahu ciri-ciri tomcat tersebut. Agar mereka tak salah mengidentifikasi, Pemprov Jabar akan melakukan sosialisasi. "Kalau benar ada, kami harus tahu dong habitatnya di mana. Kalau adanya di toilet, bisa jadi dari WC," tutup Iip.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement