Sabtu 21 Apr 2012 03:08 WIB

Ingin Jadi Pemain Global, Garuda Pakai Sistem Baru Layani Penumpang

Pesawat Garuda saat mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten.
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Pesawat Garuda saat mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Maskapai penerbangan Garuda Indonesia akan menggunakan sistem pelayanan penumpang baru dengan memperkenalkan "Amadeus Altea Customer Management Solution" guna mengelola proses reservasi, inventori dan kontrol keberangkatan.

"Teknologi terbaru dari Amadeus membuat kami dapat meningkatkan pelayanan pelanggan, memperkenalkan fleksibilitas kepada pelanggan kami dan membantu kami memperbaharui proses bisnis terkait pelayanan pelanggan," kata Direktur Marketing dan Sales Garuda Indonesia, M Arif Wibowo, pada penandatanganan MoU antara Garuda dan Amadeus di Jakarta, Jumat.

Apalagi, menurut Arif, teknologi saat ini merupakan komponen penting dalam sebuah infrastruktur maskapai penerbangan, dan hal itu juga dinilai akan membuat Garuda tetap kompetitif di dalam dunia penerbangan.

Ia juga menuturkan, program kerja sama dengan Amadeus tersebut juga merupakan program yang signifikan untuk Garuda menuju "pemain" penerbangan kelas dunia di tingkat global. "Garuda telah mencanangkan 2012 sebagai Tahun Aliansi Global," katanya.

Wakil Presiden Airline Group Amadeus Asia Pacific, John Chapman mengatakan, pihaknya akan menerapkan sistem Altea ke dalam Garuda dengan menggunakan masa transisi dalam jangka waktu 18-24 bulan, sehingga sistem itu diharapkan telah dapat terimplementasi penuh pada 2014.

"Proyek ini meliputi pelatihan 6.000 personel di seluruh, integrasi terhadap lebih dari 36 sistem dan migrasi lebih dari 12 juta 'booking' (pemesanan tiket)," kata John Chapman.

Ia memaparkan, Altea telah digunakan oleh lebih dari 115 maskapai penerbangan besar seperti AirFrance, KLM dan Saudi Arabian Airlines.

Dengan demikian, menurut dia, Garuda akan mendapatkan sejumlah manfaat antara lain seperti bisa membagi profil "frequent flyer" dan data "booking" dengan maskapai lain yang menggunakan Altea.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement