Sabtu 24 Mar 2012 19:41 WIB

'Nyepi', Ribuan Wisatawan Padati Pantai

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Chairul Akhmad
Pantai Palabuhanratu, Sukabumi (ilustrasi).
Foto: Blogspot.com
Pantai Palabuhanratu, Sukabumi (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI – Ribuan pengunjung memadati obyek wisata Pantai Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (24/3) pagi. Mereka menghabiskan liburan panjang akhir pekan di kawasan pantai.

Dari data Dinas Pariwisata, Budaya, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sukabumi, disebutkan jumlah wisatawan selama dua hari Jumat (23/3) dan Sabtu diperkirakan berjumlah sekitar 150 ribu orang.

"Jumlah ini belum ditambah dengan kunjungan pada Ahad (25/3) nanti," terang Humas Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Kabupaten Sukabumi, Erik.

Menurutnya, para wisatawan kebanyakan berasal dari luar Sukabumi seperti Jakarta, Bogor, dan Bandung. Mereka menggunakan kendaraan roda empat baik pribadi maupun mobil bak terbuka.

Untuk menjaga keselamatan pengunjung, kata Erik, Balawista telah menerjunkan puluhan petugas di sejumlah titik rawan. Penjagaan pantai juga dibantu tim SAR, dan Polisi Perairan (Polair) Palabuhanratu.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Sukabumi, Dadang Hendar, mengatakan para wisatawan dari luar Sukabumi memang memadati obyek wisata pantai di selatan Sukabumi. "Tingkat hunian hotel di selatan Sukabumi naik 20 persen," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement