Sabtu 24 Mar 2012 16:16 WIB

Indonesia-China Ingin Tukar Komodo dan Panda

Komodo
Foto: Antara
Komodo

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Pemerintah Indonesia dan Pemerintah China sepakat menjajaki kemungkinan kerja sama pertukaran dua hewan asli kedua negara, yakni komodo dengan panda.

"Tukar menukar komodo dan panda, semua sedang diteliti," kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di sela-sela kunjungan kenegaraan di Beijing, Sabtu (24/3).

Dikabarkan, pihak-pihak terkait di Indonesia dan China sepakat untuk duduk bersama. Mereka melakukan penelitian dan mendalami hal-hal teknis tentang konsep pertukaran itu, terutama terkait cuaca di kedua negara.

"Mudah-mudahan saat dingin komodo tidak terganggu, dan saat musim panas panda tidak terganggu," ujar Presiden SBY.

Selain soal panda dan komodo, presiden juga menyinggung tentang kerja sama perdagangan walet, kerja sama kelistrikan, gas bumi, dan rencana pendirian kantor Bank Mandiri di Shanghai.

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia dan Pemerintah China sepakat untuk menjalin enam bidang kerja sama untuk meningkatkan kualitas persahabatan dan kesejahteraan kedua negara. Kesepakatan itu terwujud dalam penandatanganan enam nota kesepahaman yang disaksikan oleh Presiden Yudhoyono dan Presiden Hu Jintao di 'The Great House of the People', Beijing, China, Jumat (23/3).

Keenam kesepahaman itu meliputi kerja sama dalam bidang maritim, bidang rencana perjalanan warga negara China ke Indonesia, bidang pengembangan pusat kelautan dan iklim. Kemudian bidang pemberantasan narkotika, bahan terlarang, dan psikotropika.

Selain itu juga ada kerja sama dalam bidang pertukaran data statistik barang eksternal, dan kerja sama kearsipan antara Arsip Nasional dan Administrasi Arsip Negara China.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement