Rabu 21 Mar 2012 15:06 WIB

Hah, Tomcat Menyerang Warga Bekasi Sejak 2011

Rep: Rachmita Virdani/ Red: Endah Hapsari
Seranggat Tomcat atau kumbang Rove.
Foto: indoforum.org
Seranggat Tomcat atau kumbang Rove.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI---Serangga tomcat ternyata tidak hanya terjadi di Surabay, Bekasi pun sudah mengalaminya. Bahkan, serangan itu sudah terjadi sejak tahun lalu. "Kami mengalami serangan dahsyat pada bulan April hingga Juni 2011. Ratusan tomcat menyerang kavling-kavling warga, namun tidak ada tindakan nyata dari dinas terkait", ujar pihak pengelola Rumah Susun Sewa Duren Jaya, Sumini, Rabu (21/3).

Sumini juga menjelaskan bahwa dari 70 Kepala Keluarga (KK) yang terkena tomcat ada 62 KK. "Beberapa warga waktu itu sudah ada yang berobat ke dokter swasta, namun karena yang terserang makin banyak maka pihak pengelola berinisiatif mengajak ke puskesmas,''ucapnya.

Menurut Sumini penyebab serangan tomcat ini adalah karena gangguan ekosistem. "Di samping itu awal mulanya adalah rawa yang ditanami kangkung dan bayam, namun dikeruk untuk perumahan", imbuhnya.

Untuk saat ini, diakui Sumini, memang muncul lagi serangan tomcat namun hanya satu dua warga yang terkena serangga yang menyimpan toksin berbahaya ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement