Jumat 16 Mar 2012 21:00 WIB

PDIP: KPK Jangan Banyak Omong!

Rep: Erdy Nasrul/ Red: Chairul Akhmad
Gedung KPK
Gedung KPK

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Anggota Komisi III DPR-RI dari PDIP, Sayed Muhammad Mulyadi, meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak berwacana tentang pelaku tindak pidana korupsi yang melakukan kaderisasi agar aksi kejahatannya selalu terjadi.

Kejahatan ini dinilainya memang mengakar, terjadi di semua bidang, namun bukan berarti ada regenerasi pelaku. "Ini tetap kasuistik, karena ada saja pelaku korupsi," tegasnya, saat dihubungi, Jumat (16/3).

Kejahatan ini, lanjut Sayed, melibatkan sejumlah orang yang tergabung dalam jaringan. Ada pelaku utama yang menjadi pusat pemegang dana. Kemudian ada pelaku yang sekedar mendapatkan jatah. Semuanya mendapatkan bagian uang negara yang ditilep.

Sayed meminta KPK tidak banyak omong mengenai hal ini, yang penting adalah penindakan. "Aksi mereka lebih menjadi bukti. Jangan hanya berwacana ini dan itu!" sindirnya.

Korupsi memang sudah membudaya, kata Sayed. Tentunya harus dilawan dengan budaya tandingan sehingga budaya korupsi dapat dilawan. "Silakan dipikirkan bagaimana membuat budaya seperti itu!"

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement