Ahad 11 Mar 2012 19:11 WIB

Belasan Ribu Anak Berkebutuhan Khusus Dapat Bantuan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Belasan ribu anak berkebutuhan khusus mendapatkan bantuan biaya pendidikan Rp 750 ribu per orang. Para penerima bantuan sebanyak 16.500 siswa di Jawa Barat (Jabar). Penerimanya mayoritas siswa sekolah luar biasa (SLB) dan selebihnya pelajar di sekolah inklusi.

"Jumlah penerima dan nilai bantuan terus meningkat setiap tahun," kata Kepala Seksi Bina Promosi dan Kompetensi Siswa Dinas Pendidikan Nasional Jawa Barat, Lia Embasari, Ahad (11/3). Penerima bantuan tahun ini, sebut dia, dua kali lipat penerima pada tahun sebelumnya. Bantuan langsung diserahkan pada siswa penerima.

Tahun ini, bantuan diberikan pada 15.700 siswa SLB, dan 800 pelajar di sekolah inklusi. "Tahun lalu, diberikan pada 8.000 siswa, dengan bantuan Rp 720 ribu," ujar Lia.

Pemberian bantuan untuk anak berkebutuhan khusus ini, kata Lia, disinergikan dengan program dari Pemerintah Pusat. Penggunaan bantuan adalah untuk biaya pendidikan, seragam, dan transportasi. "Ada sepuluh poin dalam bantuan," ujar dia.

Lia menambahkan, program Rumah Pintar yang sudah berjalan beberapa waktu, belum ada untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Rumah Pintar, kata dia, memang untuk menampung anak-anak terlantar yang tak punya biaya sekolah. "Harapannya, juga ada Rumah Pintar untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Semoga program-program CSR diarahkan ke sana," ujar dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement