Selasa 14 Feb 2012 14:22 WIB

Menkes: SDM Kesehatan Kunci MDG's

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Didi Purwadi
Menkes Endang Rahayu Sedyaningsih
Menkes Endang Rahayu Sedyaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, BALI -- Menteri Kesehatan, Endang Rahayu Sedyaningsih, menuturkan Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDM Kes) merupakan faktor penting dalam pemberian pelayanan kesehatan bermutu. Oleh karena itu, pengembangan SDM Kes menjadi faktor kunci dalam pencapaian tujuan Millenium Development Goals (MDG's) dan peningkatan status kesehatan masyarakat.

Pemerintah Indonesia telah meningkatkan jumlah dan kualitas para pekerja kesehatan dan meningkatkan distribusi mereka di seluruh negeri,'' kata Endang di depan peserta 'Pertemuan Konsultasi Regional untuk Penguatan Manajemen Sumber Daya Manusia di Bidang Kesehatan di Negara Kawasan Asia Tenggara' di Bali. ''Untuk menguatkan SDM, Kementerian Kesehatan bekerjasama dengan beberapa fakultas kedokteran.''

Program peningkatan SDM tersebut antara lain pengadaan program magang bagi para dokter yang baru lulus sebelum memperoleh ijin praktek. Program ini bertujuan memberi pengalaman kepada para dokter yang baru lulus untuk melakukan praktek klinis dengan bekerja di fasilitas kesehatan di pedesaan. Sehingga, mereka bisa membantu meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan berkualitas.

''Selain program magang, kemenkes juga menyediakan program beasiswa pelatihan dokter dan dokter gigi untuk mendapatkan gelar spesialis,'' katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement