Ahad 12 Feb 2012 17:03 WIB

Jajaran Kemenkumham Dicopot

Rep: Muhammad Hafil/ Red: Dewi Mardiani
Amir Syamsuddin
Foto: Antara
Amir Syamsuddin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Buntut dari kunjungan lewat waktu dari anggota Komisi III DPR, M Nasir, ke Rumah Tahanan (Rutan) Cipinang, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) melakukan pembenahan. Tiga orang pejabat di lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham DKI Jakarta dicopot dari jabatannya.

"Mengganti Kepala Kanwil DKI Jakarta (Taswin Tarib), Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil DKI Jakarta (Haviluddin), dan Kepala Rutan Cipinang (Suharman)." kata Menteri Hukum dan HAM Amir SYamsuddin di kantornya, Ahad (12/2).

Menurut Amir, pembenahan itu tidak terlepas dari hasil pantauan CCTV pada Rabu (8/2) dari Rutan Cipinang yang bisa disaksikan langsung dari ruang kerja Menkumham dan Wamenkumham . Dari hasil pantauan itu, pihaknya menemukan penyimpangan yang memerlukan evaluasi menyeluruh. "Maka dari itu, Menkumham memutuskan untuk melanjutkan langkah-langkah perbaikan sistem," kata Amir.

Dari pantauan CCTV, ada kunjungan M Nasir, untuk menjenguk terdakwa kasus suap wisma atlet SEA Games M Nazaruddin, Rabu lalu. Nasir adalah saudara Nazaruddin. Dia datang bersama beberapa orang, yang salah satunya adalah advokat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement