Kamis 05 Jan 2012 22:20 WIB

Indonesia Dapat Hibah Empat Pesawat Bekas

Rep: Esthi Maharani/ Red: Heri Ruslan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pemerintah Indonesia mendapatkan hibah empat pesawat hercules bekas dari Australia. Jenis pesawatnya Hercules atau pesawat tempur seri c130 seri H. Ditemui usai sidang kabinet bidang Politik Hukum dan HAM, Menteri Pertahanan, Purnomo Yusgiantoro membenarkan hal tersebut. “Ya betul,” katanya, Kamis (5/1).

Menurutnya, pemberian itu sudah terjadi saat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bertemu dengan PM Australia Julia Gillard. Kesepakatan itu pun sudah matang. Sedangkan, untuk penyerahannya secara resmi akan dilakukan kalau sudah mempersiapkan anggaran untuk renovasi. Hanya saja, anggaran sudah diketok untuk 2012.

Jadi, untuk kepentingan pesawat tempur itu, pemerintah akan menyiapkannya dalam APBN Perubahan. Tak disebutkan secara rinci berapa dana yang dibutuhkan untuk renovasi pesawat tempur itu. Tetapi diperkirakan akan memakan miliaran rupiah.

"Sebenarnya bolanya di kita, dan dananya nggak besar. Ratusan miliar sajalah," ungkapnya. Menurut Purnomo, empat pesawat itu masih dalam kondisi bagus dan dapat dimanfaatkan untuk penanggulangan bencana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement