Rabu 28 Dec 2011 16:49 WIB

'Gubernur Transmigrasi' Raih Penghargaan

Rep: Aghia Khumaesi/ Red: Didi Purwadi
Muhaimin Iskandar
Foto: Republika
Muhaimin Iskandar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi memberikan penghargaan transmigrasi award yang pertama kalinya kepada 12 kepala daerah. Pemberian penghargaan digelar bertepatan dengan peringatan Hari Bhakti Transmigrasi (HBT) ke-61, di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (28/12).

"Penghargaan untuk kepada daerah ini memang baru pertama dilakukan. Sebelumnya, penghargaan hanya untuk transmigran teladan. Penghargaan ini dilakukan guna meningkatkan semangat para pengelola, baik pengirim dan penerima daerah transmigrasi," ujar Muhaimin Iskandar, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Agung Laksono, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, menuturkan pendapat senada. Dalam kata sambutannya, Agung menyatakan penghargaan transmigrasi award diberikan untuk menghargai kontribusi para kepala daerah terhadap kemajuan transmigrasi.

"Penghargaan ini baru dilakukan pertama kalinya untuk menghargai bentuk kontribusi kepala daerah terhadap transmigrasi," ungkap Agung.

Sebanyak 12 kepala daerah yang mendapatkan penghargaan terdiri atas tiga gubernur dari daerah asal transmigrasi. Ketiganya adalah  Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan; Gubernur Jawa Timur, Soekarwo; Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X.  

Tiga gubernur dari daerah tujuan transmigrasi yakni Cornelis, Gubernur Kalimantan Barat; Alex Noerdin, Gubernur Sumatera Selatan; Nur Alam, Gubernur Sulawesi Tenggara. Tiga orang bupati/walikota daerah asal transmigrasi yakni Bambang Pudjino dari Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah; Sri surya Widati dari Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta; Andi Ahmad Sampurna Jaya dari Lampung Tengah, Lampung.

Tiga bupati/walikota daerah tujuan transmigrasi yaitu Sudirman Zaini dari Kabupaten Bungo, Jambi; Amiruddin Inoed dari Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan; dan Imran dari Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement