Jumat 02 Dec 2011 16:28 WIB

Menag Temui Pimpinan KPK, MInta Penjelasan Hasil Survei Integritas

Rep: Muhammad Hafi/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menteri Agama Suryadharma Ali , Jumat (2/12), mendatangi kantor KPK. Ia bermaksud meminta penjelasan mengapa kementerian yang dipimpinnya disebut survei integritas KPK sebagai instansi pusat yang terburuk dalam memberikan pelayanan.

"Saya belum paham makanya saya minta penjelasan," kata Suryadharma yang tiba di kantor KPK pada pukul 14.55 WIB itu. Sebelumnya diberitakan, pelayanan publik di Kementerian Agama (Kemenag) meraih hasil terburuk dalam survei integritas 2011 yang diselenggarakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Menurut hasil survei, nilai integritas Kemenag hanya sebesar 5,37, kurang dari nilai rata-rata indeks integrasi instansi pusat sebesar 7,07. "Kementerian Agama menempati peringkat terendah dengan indeks integritas 5,37," kata Wakil Ketua KPK Bidang Pencegahan M Jasin di Gedung KPK, Jakarta, Senin (28/11).

Jasin menambahkan, dari survei yang dilakukan diketahui pelayanan publik di kementerian yang dipimpin Suryadharma Ali itu masih diwarnai praktik suap dan gratifikasi.

Unit layanan di Kemenag yang masih berintegritas rendah, yaitu pendaftaran izin penyelenggaraan ibadah haji khusus dan perpanjangan izin Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH). Selain itu, ada pelayanan nikah di KUA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement