Sabtu 29 Oct 2011 11:03 WIB

Ini Jawaban Komandan Paspampres Atas Insiden Bandung

Rep: teguh thr/ Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Iqbal Sabaruddin, mahasiswa tingkat akhir Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung membuat ulah dengan menerobos pengawalan Paspampres saat puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda di Stadion Siliwangi Bandung, Jumat (28/10). 

Iqbal membentangkan poster melintasi tribun VVIP tempat Wakil Presiden Boediono duduk. Menurut Komandan Pasukan Pengaman Presiden Mayjend Agus Sutomo kebetulan yang bersangkutan Iqbal sebagai tamu undangan resmi yang memegang undangan dr Panitia. 

"Kita semua tak tahu kalau salah satu tamu undangan resmi ini ada yang punya kelainan jiwa,"ujarnya, dalam pesan singkat kepada wartawan, Jumat (28/10) malam.  

Namun yang terpenting, kata Agus, bersangkutan segera dapat diamankan sebelum melanjutkan rencananya yang ingin mendekat  Wakil Presiden.  Ketika itu  masih berjarak 15 meter dari Wapres. 

Meski demikian  selaku Komandan Paspampres sangat prihatin atas peristiwa tersebut.  "Ini merupakan pelajaran baru yang segera akan kami evaluasi untuk lebih ekstra lagi dalam tugas-tugas berikutnya,"jelasnya. 

Peristiwa tersebut terjadi saat Wapres Boediono menyaksikan atraksi tarian kolosal dalam puncak peringatan Sumpah Pemuda ke-83 di Stadion Siliwangi. 

Sekitar pukul 10.45 WIB,  atraksi tarian kolosal akan segera berakhir, tiba-tiba dari sayap kiri tribun undangan, Iqbal --yang datang ke acara tersebut sebagai undangan resmi dan mewakili Hima Persis Jabar-- berlarimenerobos pengamanan Paspampres.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement