Rabu 25 May 2016 15:16 WIB

Bambang Suswantono Resmi Jabat Danpaspampres

Komandan Paspampres Brigjen TNI (Mar) Bambang Suswantono mengikuti Upacara Serah Terima Jabatan di Markas Komando Paspampres, Tanah Abang, Jakarta, Rabu (25/5).
Foto: Antara/ Widodo S. Jusuf
Komandan Paspampres Brigjen TNI (Mar) Bambang Suswantono mengikuti Upacara Serah Terima Jabatan di Markas Komando Paspampres, Tanah Abang, Jakarta, Rabu (25/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Brigjen TNI (Mar) Bambang Suswantoro resmi menjabat sebagai Komandan Pasukan Pengaman Presiden (Danpaspampres) untuk menggantikan Mayjen TNI Andika Perkasa yang menjabat sebagai Pangdam XII/ Tanjungpura.

Serah terima jabatan yang dipimpin oleh Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo itu berlangsung di Markas Komando Paspampres, Jakarta Pusat, Rabu (25/5).

Sementara sebelumnya, Bambang Suwantono menjabat sebagai Wadanpaspampres. Dalam sambutannya, Panglima TNI berharap agar Danpaspampres yang baru bisa segera melaksanakan penyesuaian agar tidak terjadi kekosongan peran kepemimpinan yang terlalu lama.

"Saya selaku pribadi dan panglima TNI mengucapkan terima kasih atas dedikasi Mayjen TNI Andika Perkasa selama ini, sehingga dipromosikan jadi Pangdam Tanjungpura," kata Gatot.

Ia juga berharap kinerja satuan Paspampres terus ditingkatkan dalam melindungi kepala negara, oleh karena itu kepada pejabat baru segera mengadaptasikan diri di lingkungan yang baru agar tidak terjadi transisi dan staganisasi terlalu lama.

Naluri intelijen dan tanggap darurat atas berbagai potensi ancaman terhadap Jokowi, kata Gatot, harus dimiliki Bambang. Menurut dia, pengembangaan profesionalitas dan kemampuan prajurit Paspampres juga harus menjadi fokus Bambang.

"Terjamin simbol negara mencerminkan keamanan negara. Saya yakin beliau (Bambang) mampu karena sebelumnya merupakan wakil Danpaspampres. Jabatan yang kita pangku ini hakekatnya kehormatan dan kepercayaan, amanah yang harus dipertanggungjawabkan kepada diri sendiri, bangsa, negara dan Tuhan Yang Maha Esa," ujarnya.

Panglima TNI juga berpesan agar meningkatkan disiplin dan naluri intelijen serta kewaspadaan yang tinggi untuk merespon cepat bahaya, pegang teguh dan jaga solidaritas integritas dan loyalitas pada pimpinan.

"Tingkatkan soliditas dan solidaritas dengan Paspampres dan bangun kemitraan serta tingkatkan profesionalitas dan selalu mengasah kemampuan individu maupun satuan sesuai SOP," ujar mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) ini.

Hadir dalam acara ini antara lain Pangdam Jaya Mayjen TNI Teddy Lhaksmana, KSAD Jenderal Mulyono, perwira TNI dan prajurit TNI.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement