Kamis 20 Oct 2011 15:44 WIB

November, Hasil Audit Century Selesai

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) M.Jassin menyatakan pihaknya sedang menunggu hasil audit menyeluruh dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) mengenai kasus Bank Century yang diperkirakan selesai November.

"Kita sedang menunggu hasil audit komprehensif BPK mengenai kasus Century, jika dari hasil audit ditemui kerugian negara maka KPK akan mengusutnya hingga tuntas," katanya, di Bengkulu dalam kuliah umum dihadapan ribuan mahasiswa Universitas Bengkulu, Kamis (21/10).

KPK akan menyiapkan kajian hukum atas kasus dana talangan Bank Century senilai Rp6,7 triliun. Namun, kajian tersebut baru akan dilakukan setelah BPK menyelesaikan audit investigasinya.

Menurutnya, hingga kini belum diketemukan barang bukti yang menunjukkan adanya alat bukti untuk menjerat orang lain dalam perkara dana talangan Bank Century yang diduga merugikan negara hingga Rp6,7 triliun.

Ia menambahkan, kasus dana talangan pada prinsipnya di beberapa negara dunia adalah hal yang wajar merupakan kewajiban negara dalam hal ini Bank Indoneseia (BI) untuk menolong bank-bank yang terancam sekarat.

"Di semua negara dana talangan lumrah dilakukan untuk menolong bank yang terancam bangkrut," tambahnya. Selain itu dalam perkara century ia menegaskan KPK tidak bisa diintervensi dari pihak manapun baik itu dari kepentingan politik dan kelompok tertentu.

Jika ditemukan bukti yang kuat dan hasil audit KPK secara komrehnsif ada kejanggalan maka akan ditindaklanjuti. Meski BPK telah sedang melakukan audit, KPK juga hingga kini masih melengkapi bukti-bukti penguat terkait kasus century.

Ia menjelaskan KPK bertekad pada 2011 kasus century dapat segera diselesaiakan agar tidak menjadi tanda tanya bagi publik.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement