Senin 26 Sep 2011 08:51 WIB

Sebelum Diumumkan pada Masyarakat, Komite Etik KPK Serahkan Hasil Pemeriksaan ke Pimpinan KPK

Rep: Muhammad Hafil/ Red: Siwi Tri Puji B
Gedung KPK
Foto: Antara
Gedung KPK

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –  Komite Etik KPK akan mengumumkan hasil pemeriksaan terkait dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan pejabat KPK pada 6 Oktober 2011 mendatang. Namun, Sebelum mengumumkan hasil pemeriksaan itu ke masyarkaat,  Komite Etik kan menyerahkan terlebih dahulu hasil pemeriksaannya kepada pimpinan KPK.

“Ya kita akan menyerahkan terlebih dahulu hasil pemeriksaan kita ke pimpinan KPK pada 3 Oktober sebelum kita umumkan ke masyarakat pada 6 Oktober,” kata anggota Komite Etik KPK, Said Zainal Abidin saat dihubungi Republika, Senin (26/9) pagi.

Said menjelaskan, hal tersebut dilakukan supaya seluruh unsur pimpinan KPK tahu dengan segala sesuatu terkait hasil pemeriksaan tersebut. Ia membantah jika hasil pemeriksaan itu akan diperiksa dan diseleksi kembali oleh pimpinan KPK.

Seperti diketahui, Komite Etik KPK dibentuk setelah adanya tudingan-tudingan dari Nazaruddin bahwa sejumlah petinggi KPK melakukan rekayasa dalam penanganan kasus suap pembangunan Wisma Atlet. Komite Etik sudah melakukan pemeriksaan terhadap pejabat internal KPK seperti Wakil Ketua M Jasin, Haryono Umar, dan Chandra M Hamzah. Selain itu, dari pihak interal Komite Etik juga telah memeriksa mantan Deputi Penindakan Ade Rahardja dan Juru Bicara Johan Budi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement